Jumat, 25 Agustus 2017

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak merupakan pusat sistem saraf pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya terlebih bagian ini merupakan salah satu bagian paling penting. Pernakah anda berpikir tentang otak yang kamu miliki? Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Tentunya melalui sedikit penjelasan tentang otak ini, kita dapat menyimpulkan bahwa betapa pentingnya organ ini dalam kehidupan manusia. Lalu adakah cara untuk meningkatkan kemampuan kerja dari organ yang luar biasa ini? 

Berikut kami rangkum Cara Meningkatkan Kemampuan Otak sekaligus untuk kecerdasan anda.
  1. Menkomsumsi makanan yang sehat
  2. Mengatur pola makanan yang sehat merupakan salah satu cara jitu untuk meningkatkan kempuan pada fungsi otak. Otak kita mengkonsumsi lebih dari 20% dari semua nutrisi dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Jadi ingatlah untuk memberi makan otak anda dengan hal-hal yang baik. (yaitu buah segar, sayuran dan omega 3 yang banyak ditemukan pada ikan berminyak).

  3. Lakukanlah sesuatu hal yang baru
  4. Ketika anda melakukan hal-hal yang ‘baru’, itu berarti anda telah ‘merangsang’ otak anda. Jangan terjebak dengan melakukan hal-hal lama yang sama secara berulang. Satu-satunya cara untuk mengubah struktur otak anda adalah dengan melakukan sesuatu hal yang baru dalam hidup anda. Hal ini akan menciptakan jalur saraf baru dan pada akhirnya akan meningkatkan kecerdasan anda. Anda bisa mengambil rute baru untuk bekerja, mencoba resep baru untuk makan malam, atau bahkan metode latihan yang baru.

  5. Berolahraga secara teratur
  6. Sudah terbukti bahwa olahraga teratur membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan neurogenesis. Ini berarti bahwa setiap kali anda berolahraga, berarti anda telah membuat sel-sel otak baru. Bangkitlah dari sofa dan bergeraklah!

  7. Berpikir positif
  8. Stres dan merasa cemas akan membunuh neuron otak yang ada dan juga menghentikan pembentukan neuron baru. Penelitian telah menunjukkan bahwa berpikir positif, terutama dalam waktu tegang, akan mempercepat pembentukan sel dan secara dramatis mengurangi stres dan kecemasan. Berusahalah untuk tidak berfikir negatif dalam aktifitas kehidupan anda dan tetaplah selalu berfikir positif.

  9. Melatih memori anda
  10. Seberapa sering anda mendengar orang berkata “Saya berharap saya punya memori yang lebih baik!” Namun tidak ada tindakan untuk mendapatkan apa yang diharapkan. Jika anda mendisiplinkan diri untuk menghafal nomor telepon dan nomor penting lainnya (seperti: paspor, kartu kredit, asuransi, SIM, dan yang lainnya) berarti anda telah memulai untuk meningkatkan kinerja memori anda.

  11. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  12. Dibanding menerima segala sesuatu apa adanya, mulailah membiasakan diri untuk mempertanyakan hal-hal baru yang anda temui. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mempertanyakan segala sesuatu, berarti anda telah memaksa otak anda untuk berinovasi dan menciptakan ide-ide baru. Karena rasa ingin tahulah maka hal-hal yang sangat penting seperti listrik, komputer dan kemajuan teknologi yang kita nikmati saat ini ada.

  13. Membaca buku
  14. Membaca akan mengurangi ketegangan dan stres (pembunuh sel otak). Penelitian juga telah menunjukkan bahwa menggunakan imajinasi anda adalah cara yang bagus untuk melatih otak karena anda memaksa pikiran anda untuk ‘menggambar’ apa yang anda bayangkan. Membaca adalah cara yang bagus untuk memicu imajinasi anda.

  15. Mengatur pola tidur yang baik
  16. Tidur laksana detoks mini untuk otak. Tidur adalah saatnya tubuh anda meregenerasi sel-sel dan menghilangkan semua racun yang telah ditimbun selama 1 hari. Berangkatlah tidur antara jam 21:00 sampai jam 24.00 dan hindarilah untuk bergadang karena otak dan tubuh anda juga butuh istirahat agar kinerjanya lebih optimal untuk hari besok.

  17. Jangan Sering Berkhayal
  18. Lakukan jangan hanya berkhayal. Jangan sering gunakan otak anda untuk sering berangan-angan ingin ini dan itu. Boleh berkhayal, tapi segeralah untuk mewujudkannya menjadi sesuatu yang nyata. Semakin sering anda berkhayal tanpa bertindak, semakin dekat juga pada kemalasan, dan tentunya kemampuan otak anda akan berkurang.

  19. Berhenti menggunakan alat bantu seperti kalkulator
  20. Ingatlah kembali saat di sekolah ketika kita diajarkan untuk menggunakan otak kita melakukan sejumlah perhitungan sederhana. Sungguh ironis saat ini kita bergantung pada perangkat seperti ponsel pintar dan laptop untuk menghitung persamaan yang sangat sederhana karena hal ini akan membuat otak anda malas untuk bekerja. Berfikir untuk yang sederhana saja malas apalagi untuk berfikir hal-hal yang rumit. Tahanlah diri untuk bekerja menggunakan perangkat eksternal, sebaliknya gunakan perangkat yang telah anda bawa sejak lahir yakni otak anda.
Demikianlah artikel Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Otak, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi agar dapat meningkatkan kemampuan otak anda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar